Promo Pena

SIPD Dinilai Dapat Wujudkan Kendari Jadi Kota Layak Huni berbasis Teknologi

PENASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan bimbingan teknisi (bimtek) implementasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dalam perencanaan dan penganggaran tahun 2021, di salah satu hotel di Kendari, Selasa 27 Oktober 2020

Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, sistem perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik ini sesuai dengan visi misi Pemkot Kendari yakni mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni berbasis informasi dan teknologi.

“SIPD adalah tindak lanjut dari terbitnya Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik yang mengamanatkan agar pengadaan pemerintahan mulai pusat sampai daerah menerapkan sistem pemerintahan khususnya perencanaan sampai penganggaran dan pertanggungjawaban berbasis elektronik,” ungkap Sulkarnain

Menurutnya, ada banyak kemudahan yang diperoleh dengan adanya sitem tersebut, dimana semua pihak bisa mengecek langsung item-item kegiatan yang diprogramkan Pemkot Kendari.

“Tantangan kita saat ini bagaimana mengintegrasikan ini semua. Karena sistem elektronik lebih efektif dan mudah mempertanggungjawabkan,” jelas Sulkarnain.

Ia berharap, sistem ini bisa segera diimplementasikan agar pengelolaan pemerintahan bisa lebih tertib, akuntabel dan transparan.

Penulis: Firdha Faza Rakasiwy
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.