Promo Pena

Dua Mahasiswa UHO Wakili Sultra di Ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional

PENASULTRA.ID, KENDARI – Putra dan putri Duta Bahasa (Dubas) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mewakili Sultra ke pemilihan Duta Bahasa Nasional (Dubasnas) yang akan dilaksanakan pada 19-24 Oktober 2020 di Jakarta.

Putra dan putri tersebut yakni Rajab, Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO) dan Sri Asmini Kristin, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil UHO.

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Herawati mengatakan, adanya dubas membuat pihaknya terbantu untuk menginformasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik serta melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

“Kami akan terus mendukung, memberikan motivasi kepada duta bahasa yang terpilih untuk mengikuti pemilihan dubasnas, kami juga berharap meraka tetap optimis untuk bisa masuk dalam lima besar,” kata Jumat 16 Oktober 2020.

Menurutnya, dubas yang terpilih akan melakukan laporan krida bahasa yang akan memaparkan program mewujudkan upaya kemasyarakatan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah.

Sementara itu, Rajab mengatakan, Kedua perwakilan dubas akan membawakan materi dengan tema bahasa daerah Tolaki, pemetasan tarian Anggoea, pemetasan baju adat Tolaki dan baju tenun adat Buton.

“Alasan kami memilih bahasa Tolaki karena bahasa daerah ini merupakan bahasa mayoritas yang terbanyak di Sultra,” ungkap Rajab.

Senada, Kristin mengatakan, pihaknya berusaha memfokuskan laporan krida dan mempersiapkan diri untuk di pemilihan dubasnas yang akan datang.

“Untuk saat ini kami mempersiapkan segalanya mulai dari laporan krida kami, pakaian, mempersiapkan bahasa kami serta kondisi kesehatan kami di tengah pandemi ini,” tutup kristin.

Penulis: Firdha Faza Rakasiwy
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.