Promo Pena

Sulkarnain Kadir Resmi Kukuhkan Forum Kota Sehat

PENASULTRA.ID, KENDARI – Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir resmi mengukuhkan Forum Kota Sehat di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa 6 Oktober 2020.

Sulkarnain mengatakan, Kendari dinyatakan sebagai kota yang masuk dalam kategori kota tersehat sejak 10 tahun yang lalu.

Hal tersebut telah melalui proses yang cukup panjang dan perlu dipertahankan.

“Kita saat ini mendapar predikat Kota Sehat dengan level satu. Berturut-turut selama dua kali mendapatkan level menengah serta terakhir sejak 2017-2019 mencapai level tertinggi dari kota-kota yang ada di Indonesia,” beber Sulkarnain.

Menurutnya, pengukuhan forum kota sehat dirangkaikan dengan deklarasi Open Defecation Free (ODF) Kendari.

Dengan deklarasi ODF atau deklarasi tidak buang air besar sembarangan (BABS) ini, Kendari telah mencapai akses pelayanan sanitasi 100 persen.

“Alhamdulillah 15 Agustus yang lalu kita sudah melaporkan pada Kemetrian Kesehatan bahwa Kendari secara keseluruhan sudah terakses sanitasi dan bisa dinyatakan sebagai kota yang bebas dari aktivitas buang air sembarangan. Semoga secara bertahap dituntaskan agar masyarakat memiliki sanitasi mandiri,” jelas Sulkarnain.

Ia berharap, semua pihak yang terlibat agar terus melakukan pengawasan serta koordinasi demi meningkatkan program Kotaku Sehat di Kota Kendari.

Untuk diketahui, pengukuhan forum kota sehat dihadiri langsung Ketua TP PKK Kota Kendari, Dandim 1417 Kendari, Kasat Binmas Polres Kendari, Ketua Forum Kota Sehat Kendari serta Ketua Forum Kota Sehat Sultra.

Penulis: Firdha Faza Rakasiwy
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.