Promo Pena

IKA PMII Sultra Desak KPU RI Tunda Pilkada Serentak 2020

PENASULTRA.ID, KENDARI – Ketua Umum Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Sulawesi Tenggara (Sultra) Oma Irama desak KPU RI agar segera melakukan rescedule atau menghentikan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Promo Pena

Menurut Oma, ada beberapa pertimbangan penundaan Pilkada serentak tahun ini. Pertama, munculnya reaksi dari berbagai elemen masyarakat Indonesia agar KPU dan DPR mempetimbangkan kembali pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Kedua, atas pertimbangan jiwa dan keselamatan masyarakat yang sangat berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19 melaui pengerahan massa yang tidak bisa dihindari maka keselamatan jiwa menjadi lebih penting dari sebuah proses politik.

Ke empat, anggaran penanganan Covid-19 menjadi sesuatu yang perioritas sehingga patut menjadi pertimbangan agar anggaran Pilkada dapat direvokusing untuk kemaslahatan rakyat Indonesia. Ke lima, Mengingat terjadinya peningkatan pasien terkonfirmasi positif maka seluruh komponen masyatakat pada wilayah menyelenggarakan Pilkada.

Pena Maulid

“Saya yakin akan mengalami suasana batin yang kurang kondusif termasuk komisioner penyelenggara Pilkada. Dan ecara Psikologis bisa mempengaruhi kualitas demokrasi yang sedang berjalan,” kata Oma, Jumat 25 September 2020.

Ia menambahkan, penundaan dilakukan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 lebih fokus. Sehingga mengurangi klaster-klaster baru bertambahnya positif Covid-19.

“Saya berharap ini menjadi perhatian kita semua,” harap Oma.

Penulis: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.