Promo Pena

Blusukan di Pasar Sentral Mandati, Ini Keluhan Para Pedagang Ke Haliana

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Calon (Balon) Bupati Wakatobi, H. Haliana melakukan blusukan ke pasar sentral Mandati, Wangiwangi Selatan, Rabu 23 September 2020.

Saat blusukan, sejumlah pedagang mengeluhkan jualannya tidak laku karena tidak stabilnya ekonomi pasar yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir serta adanya pandemi Covid-19.

“Pendapatannya kita beberapa tahun ini merosot sekali kasian. Tidak tahu kita mau bikin apa. Untuk makan minum sehari-hari saja susah kita dapat,” keluh La Hute kepada Haliana.

“Apalagi ada corona ini tambah parah pak. Jam 14.00 Wita pasar sudah mulai kosong karena orang pulang gara-gara jualan tidak laku,” tambahnya.

Untuk itu, ia berharap ada perubahan besar yang bisa dilakukan Haliana ketika terpilih menjadi Bupati Wakatobi di Pilkada Desember 2020 mendatang.

Senada, pedagang lainnya, Wa Mira mengatakan, sebagai pedagang yang hidupnya sangat tergantung di pasar, berharap agar adanya perhatian serius bagi kehidupan pedagang di pasar.

“Harus ada perubahan pak Haliana. Sudah lama ini kita menderita ini. Kami harap sekali,” ujar Mira.

Setiap pedagang yang mengetahui kehadiran Haliana antusias mendatanginya untuk berdialog dan foto bersama.

Menanggapi hal itu, Haliana mengatakan, mestinya tidak ada keluhan pedagang ekonomi yang lesuh. Pasalnya, APBD Wakatobi sangat cukup untuk meningkatkan perputaran ekonomi di Wakatobi.

“APBD kita kurang lebih Rp1 Triliun. Anggaran kita cukup besar tinggal kita mau apa tidak pengelolaan anggaran kita libatkan masyarakat,” ujar Haliana.

Ia mengajak masyarakat mendukung dirinya dan Ilmiati agar terpilih dan melakukan perubahan di semua sektor, tanpa kecuali.

“Kedepan anggaran kita lebih berpihak dan melibatkan masyarakat. Jangan takut mengkritik pemerintah demi mebangun,” beber Haliana.

Terkait perbaikan pasar, Haliana berencana akan membangun pasar lebih moderen dan representatif guna mendukung pariwisata Wakatobi.

“Pasar kita upayakan jangan terpisah antara bangunan yang satu dengan yang lain, agar memudahkan pembeli mendapatkan kebutuhannya,” tutupnya.

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.