Promo Pena

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Ruang Pasien Covid-19 di RSUD Kendari Penuh

PENASULTRA.ID, KENDARI – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Kendari terus mengalami peningkatan. Sesuai data Gugus Tugas Covid-19 Kendari per 17 September 2020, total kasus positif Covid-19 di Kendari mencapai 812 kasus.

Hal ini mengakibatkan ruang perawatan pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari penuh.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, saat ini RSUD Kendari sudah tidak dapat menampung pasien lagi. Sehingga ia terus berupaya berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menyediakan tempat bagi pasien positif Covid-19.

“Jadi kita selalu berkoordinasi, kalau di RSUD Kota Kendari memang penuh. Tapi kalau Bahteramas masih tersedia,” kata Sulkarnain, Kamis 17 September 2020.

Menurutnya, untuk mengantisipasi penuhnya ruang perawat tersebut, ia telah menyediakan beberapa tempat sebagai alternatif, yaitu Balai Pelatihan Kesehatan (Balpekes), Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari dan bangunan SMA Angkasa.

“Untuk itu kami harap kepada seluruh warga Kota Kendari lebih memperhatikan protokol kesehatan. Selalu jaga jarak, cuci tangan dan tetap menggunakan masker agar tidak terjadi penularan, apabila mengalami gejala segera periksa ke rumah sakit,” tegas Sulkarnain.

Senada, Direktur RSUD Kota Kendari, dr Sukirman mengatakan, 60 ruangan pasien covid-19 yang disediakan pemkot telah penuh.

Sehingga, bagi pasien yang terkonfirmasi positif tetapi tanpa gejala diminta untuk isolasi mandiri di rumah.

Penulis: Firdha Faza Rakasiwy
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.