Promo Pena

Tingkatkan Skill Tukang Kayu dan Besi, PU Cipta Karya Sultra Adakan Pelatihan MTU

PENASULTRA.ID, KENDARI – Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan pembekalan dan fasilitas uji tenaga terampil dengan Menggunakan Mobile Training Unit (MTU) kepada 100 tukang besi dan kayu di Kendari.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah VI Makassar ini berlangsung di pelataran Masjid Al-Kautsar mulai 2 hingga 3 September 2020.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra, Fahri Yamsul mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan skill tenaka kerja di Bumi Anoa.

“Pelatihan ini dengan cara assesment, diasesor atau dilatih bagaimana cara menyelesaikan proyek. Memanajemen tukang, kalau soal keahlian lebih jago tetapi terpenting menangani masalah di lapangan serta ketepatan waktu penyelesaian proyek,” kata Pahri, Rabu 2 September 2020.

Menurutnya, selama ini kebanyakan pekerjaan diperusahaan besar menggunakan tenaga kerja atau pekerja dari luar Sultra, alasannya karena pekerja tersebut memiliki sertifikat.

“Inilah yang akan kita kurangi. Pada pelatihan ini pekerja akan mendapatkan sertifikasi tenaga kerja. Kita sudah bicara dengan DPRD Sultra kedepannya akan dibantu fasilitasi,” beber Pahri.

Ia berharap, 2021 akan ada pelatihan bagi pekerja agar bisa mendapatkan sertifikasi.

“Tahun depan Insya Allah 2 sampai 3 ribu tukang kita akan sertifikasi,” ungkap Pahri.

Untuk diketahui, pelatihan MTU ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dimana sebelum pelatihan dimulai para tukang kayu dan besi terlebih dahulu di rapid test.

Penulis: Yeni Marinda


Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.