Promo Pena

Gegara Covid-19, Sultra Batal Jadi Tuan Rumah HPN 2021

PENASULTRA.ID, KENDARI – Rencana penyelenggaraan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2021 terpaksa harus berubah. Panitia nasional HPN memutuskan menggeser penyelenggaraannya di tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S. Depari saat rapat virtual dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan pengurus PWI Sultra via zoom meeting, Rabu 5 Agustus 2020.

“Sesuai hasil rapat, perayaan HPN di Sultra dilaksanakan pada tahun 2022. Untuk HPN 2021 diputuskan penyelenggaraannya dilaksanakan di Jakarta atau paling jauh di Jawa Barat” kata Atal S. Depari.

Menurutnya, pergeseran tuan rumah HPN ini diakibatkan karena pandemi Covid-19. Dimana, adanya Covid-19 seluruh aktivitas termasuk persiapan HPN menjadi terkendala.

“Aktivitas penerbangan hingga kegiatan fisik maupun pertemuan langsung yang masih sangat terbatas. Tidak memungkinkan untuk berbuat banyak di daerah tuan rumah,” ungkap Atal.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Nur Endang Abbas mengapresiasi pengurus pusat yang masih mempercayakan Sultra sebagai tuan rumah HPN meski bergeser pada 2022.

Menurutnya, dengan diundurnya perayaan HPN di Sultra, pemprov akan lebih siap karena masa persiapan untuk menyambut kegiatan nasional berskala besar itu makin banyak.

“Kami sangat berharap bisa mempersiapkan lebih baik untuk menyambut para tamu se Indonesia dan negara sahabat di sini. Semoga bisa tuan rumah yang baik nanti,” jelas Endang.

Untuk tetap mempromosikan Sultra di HPN 2021, kata Endang, pihaknya akan menitip beberapa hal kepada panitia HPN, seperti membuatkan seragam panitia menggunakan kain tenun khas Sultra.

Sementara itu, Ketua PWI Sultra, Sarjono mengaku cukup sedih sekaligus lega dengan keputusan dari PWI pusat.

“Kita bersyukur karena Covid jugalah membuat waktu kita melakukan persiapan cukup panjang. Dengan pandemi begini langkah kita terbatas, sehingga membuat kita khawatir tentang pelaksanaan HPN kalau 2021 tetap di Sultra,” ujar Sarjono.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.