Promo Pena

Menkop Harap Pelaku UMKM Sultra Berkolaborasi dengan Pemda

PENASULTRA.ID, KENDARI – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) Republik Indonesia (RI), Teten Masduki berharap pelaku UMKM yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama pemerintah daerah (Pemda).

“Jangan biarkan UMKM tumbuh sendiri-sendiri,” kata Teten, Minggu 13 Desember 2020.

Menurutnya, pelaku UMKM dapat membuat usulan terkait apa saja yang menjadi masukan dan kebutuhan bagi pelaku UMKM. Terutama industri kreatif di Sultra untuk diketahui lebih lanjut arahan atau upaya yang bisa dilakukan oleh kementerian.

“Saat ini sudah banyak lembaga pendanaan bagi pelaku UMKM baik dari pemerintah maupun lembaga swasta seperti perusahaan modal ventura. Diharapkan untuk ada upaya engagement juga dari UMKM sendiri, coba dekati BI Sultra, karena BI juga punya komitmen terhadap pelaku UMKM,” tambah Teten.

Kolektivitas teman dalam jejaring komunitas dapat mengantar potensi unggulan yang ada di Sultra. Sebeb, untuk bisa masuk dalam suplai chain nasional maupun internasional tentu di butuhkan gerak padu dengan stakeholder yang terkait.

“Pemprov, pemkab dan pemkot kiranya dapat bersinergi dengan semangat dan antusiasme para pelaku UMKM dan komunitas pemerintah pusat siap memfasilitasi dengan cara, pola dan model bisnis yang tepat kami yakin Sultra akan ada dalam tataran itu,” tuturnya.

Teten juga mengapresiasi berkembangnya berbagai usaha industri kreatif di Sultra terutama di sektor pariwisata serta komoditas, seperti kakao, kacang mete maupun produk unggulan lainnya, supaya bisa bersaing dengan secara global.

Penulis: Sarlan Lario
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.